Tanya Yuk Istilah GSM Apa Aja ?

Saturday, January 14, 2006
GSM Umum Apa itu GSM?
GSM pada awalnya merupakan singkatan dari Groupe Speciale Mobile, sebuah komite dari Conference of European Posts and Telecommunications yang ditunjuk untuk mengembangkan komunikasi nirkabel dan kemudian lebih dikenal sebagai Global Systems for Mobile communications (GSM), dikembangkan pertama kali di Eropa dengan frekuensi utama 900MHz merupakan sistem komunikasi digital nirkabel generasi kedua (2G)
Apa itu kartu SIM?
Merupakan singkatan dari Subscriber Identity Module, kartu yang berisi data-data network ID operator, telephon operator, PIN maupun data-data pengguna seperti phonebook atau sms
Apa itu IMEI?
International Mobile Equipment Identity, merupakan kode identitas unik dari perangkat ponsel yang diakui secara internasional, kode umum untuk mengetahui IMEI ponsel anda: *#06# Siapa saja Operator GSM di Indonesia?
Telkomsel, Indosat-Satelindo, Excelcomindo, Lippo-Telecom
Apa saja produk operator GSM Indonesia?
Telkomsel Halo, AS dan Simpati, Indosat IM3, Indosat Matrix, Indosat Mentari, XL Bebas dan Jempol
Servis dan Fitur GSM Apa itu Call Waiting, Call Hold dan Multiparty Calling?
Call Waiting adalah servis yang memungkinkan penelpon untuk masuk ke nomer yang dituju meskipun sedang ada pembicaraan dan dengan Call Hold pemakai ponsel untuk sementara waktu dapat menghentikan percakapan dengan penelpon pertama kemudian diganti dengan penelpon kedua dengan tidak memutuskan penelpon pertama. Sedangkan Multiparty Calling (Comference Call) merupakan servis yang memungkinkan penelpon pertama dan kedua diatas untuk berbicara bersama-sama dengan yang ditelpon bertiga. Berapa banyaknya penelpon yang bisa konferensi bersama-sama tergantung kemampuan dari Operator.
Apa itu FR, HR dan EFR?
Codec (coder dan encoder) yang mengubah sinyal menjadi data suara, menentukan kejernihan suara yang didengar dari ponsel, FR (Full Rate) mempunyai kualitas standard, HR (Half Rate) mempunyai kualitas di bawah standard dan EFR (Enhance Full Rate) mempunyai kualitas di atas standard. Supaya ponsel bisa mencapai kualitas EFR makan diperlukan dukungan dari ponsel dan operatornya.
Apa itu SIM Tool Kit? Servis pada kartu SIM yang memungkinkan Operator untuk menawarkan VAS (Value Added Service) kepada pelanggannya, misalkan mobile banking atau download content.
Apa itu CLIP dan CLIR?
Calling Line Identification Presentation (CLIP) adalah servis yang memungkinkan untuk memunculkan identitas (nomer) penelpon sedangkan kebalikannya, Calling Line Identification Restriction (CLIR) digunakan untuk menyembunyikan identitas (nomer) penelpon.
Apa itu SMS dan SMSc?
SMS (Short Message Services) adalah servis berbasis text yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan singkat (160 karakter) kepada pengguna ponsel lainnya melalui SMS Centre (SMSc) yang akan mengontrol lalulintas pesan singkat tersebut.
Apa itu WAP? Wireless Application Protocol, sebuah standard yang memungkinkan ponsel untuk mengakses internet dan servis nirkabel lainnya. Apa sih CSD dan HSCSD? Circuit Data Switch (CSD) dan High Speed Circuit Data Switch) merupakan layanan data generasi awal dari GSM untuk mengakses WAP melalui Data Call per sesi (tergantung lama pengaksesan). CSD memiliki transfer rate hingga 14.4 Kbps sedangkan HSCSD memiliki transfer rate hingga 43.2 Kbps.
Kalau GPRS apa dong? Seperti halnya CSD dan HSCSD, GPRS (General Packet Radio Switch) juga merupakan layanan data GSM generasi kedua (lebih tepat lagi generasi 2.5G) yang memungkinkan pengguna mengakses layanan data secara terus menerus (always on) bukan per sesi. GPRS mempunyai transfer rate hingga 171.2 Kbps secara teori tergantung kelasnya (secara riil cuman 50-60 Kbps)
Kelas GPRS? What the....?
Kelas GPRS dibagi menjadi dua, Kelas Slot dan Kelas Servis. Kelas Slot Kelas slot direpresentasikan dengan angka downlink dan uplink (data transfer yang mampu didukung oleh ponsel dari dan ke jaringan) angka downlink/uplink satu mempunyai kecepatan antara 8-12 Kbps, dua 16-24 Kbps dan seterusnya berkelipatan. Rumus kategori kelas slot ini adalah sbb: GPRS Kelas X (downlink+uplink)
GPRS Kelas 1 (1+1)
GPRS Kelas 2 (2+1)
GPRS Kelas 4 (3+1)
GPRS Kelas 6 (3+2)/(2+3)
GPRS Kelas 8 (4+1)
GPRS Kelas 10 (4+1)/(3+2)
GPRS Kelas 12 (4+1)/(3+2)/(2+3)/(1+4) Kelas Servis Direpresentasikan dengan huruf, merupakan kelas untuk membagi pemakaian servis GPRS.
GPRS Kelas A Ponsel yang memiliki kelas A servis GPRS dan GSM dapat dilakukan secara bersama-sama tanpa ada interferensi dari masing-masing servis
GPRS Kelas B Ponsel yang memiliki kelas B servis GPRS dan GSM dapat dilakukan secara bersama-sama dengan interferensi terhadap GPRS oleh GSM. Misalnya saat menerima telpon/sms maka GPRSnya terhenti otomatis namun tidak putus, bila servis GSM sudah selesai, GPRS nya akan menyambung lagi
GPRS Kelas C Ponsel dengan Kelas C tidak bisa menggunakan servis GPRS bersamaan dengan GSM, kudhu satu-satu secara manual pemakaiannya E Em Es (EMS) dan Em Em Es (MMS) adalah......... Generasi selanjutnya dari sms, Enhanced Message Service (EMS) layanan pesan yang memanfaatkan multiple sms (>160 karakter) untuk mengirimkan data berupa gambar maupun suara dengan kualitas rendah, dipicu oleh teknologi Picture Message yang dikembangkan oleh Nokia, sedangkan MMS (Multimedia Message Service) juga merupakan layanan pesan yang mampu mengirim/menerima data (gambar/suara) berkualitas tinggi melalui layanan data GPRS
Nah, kalo EDGE ntu apaan?
Generasi ketiga (3G) dari layanan data GSM, Enhanced Data Rates for GSM Evolution (EDGE) mempunyai kemampuan layanan data 3x nya GPRS hingga 384 Kbps. EDGE ada kelasnya juga gak? Sama halnya dengan GPRS, kelasnya tidak jauh beda, yang membedakan adalah pada EDGE, 1 Slot merepresentasikan downlink/uplink dengan kecepatan 48-69.2 Kbps. Teknis Bagaimana cara konek ponsel dengan PC (Windows) sebagai modem? Ada beberapa aternatif,
Kabel data (USB/Serial)
IrDA
Bluetooth
posted by wahjoe at 12:24 AM | Permalink |

[ back home ]

Comments for Tanya Yuk Istilah GSM Apa Aja ?
terima kasih atas postingannya

kunjungi ittelkom-sby.ac.id

About me

My Photo
Name:
Location: Semarang, Central Java, Indonesia

Wahyu Thanks to: Allah SWT pemilik penuh jiwa ragaku, Muhammad SAW pembawa risalahku, Ibu n Bapak perantara hidupku, big family of Ps, memori terindahku di STEMBA Semarang (sebuah kisah klasik), teman temanku di TKJ Classes(kalianlah yang terbaik), peri peri yang pernah datang dan pergi (jadikan pelajaran, tetaplah menjadi bintang di langit..), saudara saudaraku (aku memang pengecut), my teacher mr Agus, mr joesti, mr taufik thanks for your gift, jln mugas barat dan dalam sebagai saksi bisu hidupku -sad n happy, lonely, spare n busy, semua yang telah kuterima dan kurasakan "myself is my best ever had", dunia yang masih mau menyelimutiku, dont miss me, I do love you all....

Links

Favourite Links

Friends Blog

My Shout Box

University Links

SemRawut Yo :)

News Links

Goverment Links

Favourite Links

Download Yuk !!

Waktu Terus Berlalu

Credits

  Distributed by:
Template copyright :
V4NY ONLY TEMPLATES
Powered by :
Powered by Blogger